Capture.JPG

Partai Hanura melakukan pergantian pengurus fraksi di DPR. Hal itu disampaikan oleh kubu Ketua Umum Oesman Sapta Odang atau OSO, Herry Lotung Siregar.

Semua loyalis dari Kubu Ketua Umum Daryatmo dalam kepengurusan fraksi Hanura kini digantikan oleh para pengurus dari Partai Hanura dari kubu Ketua Umum OSO.

Selain mengganti pengurus fraksi, Hanura juga melakukan pergantian Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dari loyalis Kubu Daryatmo. Syarifuddin Sudding yang tadinya menjabat sebagai anggota Komisi III, kini menjadi anggota Komisi VIII.

Sudding juga dilengserkan dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Jabatan itu kini ditempati oleh Samsudin Siregar.

Kemudian, Nurdin Tampubolon yang awal ada di Komisi I dan Dadang Rusdiana di Komisi X kini duduk di Komisi V. Rufinus Hotmaulana Hutahuruk yang tadinya berada di Komisi II sekarang berada di Komisi VIII.

Namun, Herry membantah rotasi ini bertujuan menyingkirkan loyalis dari Sekretaris Jendral Partai Hanura Kubu Ketua Umum Daryatmo, Syarifuddin Sudding. Menurutnya, rotasi ini sebagai bentuk penyegaran bagi partai besutan Menko Polhukam Wiranto itu.

“Enggak ada menyingkirkan. Semua masih menjabat di situ. Ini penyegaran untuk menghadapi agar ke depan lebih bagus,” kata Herry.

Dia juga menegaskan, pihak yang dirotasi sudah paham dan mengetahuinya bahwa pergantian ini untuk kemajuan Partai Hanura.